Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Peristiwa Alam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas V SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango

Main Author: SYAIFUL OKTAVIANTO H. MUSA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
A
Di
V
Sdn
3
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409142/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-tentang-peristiwa-alam-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-make-a-match-di-kelas-v-sdn-3-bulango-timur-kabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Syaiful Oktavianto H. Musa. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Peristiwa Alam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas V SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang peristiwa alam di kelas V SDN 3 Bulango Timur ?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang peristiwa alam melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match di kelas V SDN 3 Bulango Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 27 siswa di kelas V SDN 3 Bulango Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun hipotesis tindakan penelitian ini adalah hasil belajar siswa tentang peristiwa alam di kelas V SDN 3 Bulango Timur dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis secara deskriptif dan dilakukan secara 2 tahap yaitu pada siklus I siswa yang memperoleh ketuntasan belajar ada 13 orang siswa atau 48.15% dan siklus II siswa yang memperoleh ketuntasan belajar ada 23 orang siswa atau 85.19%, maka penulis menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match hasil belajar siswa tentang peristiwa alam di kelas V SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango mengalami peningkatan. Kata Kunci: Hasil Belajar, Peristiwa Alam, dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match