Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Pada Siswa di SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango

Main Author: ABD. RIZAL SULEMAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
Sdn
3
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409137/upaya-meningkatkan-pemahaman-konsep-penjumlahan-pada-siswa-di-sdn-3-tapa-kabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Abd. Rizal Suleman. NIM.151409137. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Pada Siswa di SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi penjumlahan di SDN 3 Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango? Dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang upaya guru dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi penjumlahan. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan maksud untuk menjelaskan secara naratif tentang upaya-upaya guru dalam meningkatkan pemahaman konsep materi penjumlahan pada siswa di SDN 3 Tapa dengan jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian tentang upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan pada siswa di SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango adalah menjelaskan kembali materi yang tidak dimengerti oleh siswa, lebih memfariasikan model dan metode pembelajaran, menggunakan media konkrit, memberikan soal latihan dan pekerjaan rumah dan memberikan arahan atau bimbingan kepada siswa yang belum mengerti tentang penjumlahan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan adalah menjelaskan kembali materi yang tidak dimengerti oleh siswa, lebih memfariasikan model dan metode pembelajaran, menggunakan media konkrit, memberikan soal latihan dan pekerjaan rumah dan memberikan arahan atau bimbingan kepada siswa yang belum mengerti tentang penjumlahan Kata kunci : Upaya, Pemahaman, Konsep, Penjumlahan.