MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MATERI MENAMPILKAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI PENDEKATAN INDUKTIF DI KELAS II SDN 2 SUWAWA, KECAMATAN SUWAWA, KABUPATEN BONE BOLANGO
Main Author: | SITTY SASTIA MALASAI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409129/meningkatkan-pemahaman-siswa-dalam-materi-menampilkan-nilai-nilai-pancasila-pada-mata-pelajaran-pkn-melalui-pendekatan-induktif-di-kelas-ii-sdn-2-suwawa-kecamatan-suwawa-kabupaten-bone-bolango.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Sitty Sastia Malasai, 2013. Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Materi Menampilkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Pendekatan Induktif Di Kelas II SDN 2 Suwawa, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo,. Pembimbing I Dra. Elmia Umar. M.Pd Dan Pembimbing II Samsi Pomalingo S.Ag. MA Masalah dalam penelitian ini dirumuskan adalah Apakah dengan menggunakan Pendekatan induktif siswa dapat meningkatkan pemahaman dalam materi Menampilkan nilai-nilai pancasila melalui pendekatan induktif dalam pembelajaran PKn? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi Menampilkan nilai-nilai pancasila melalui pendekatan induktif dalam pembelajaran PKn kelas II SDN 2 Suwawa, Kec. Suwawa, Kab. Bone Bolango. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus I tentang Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Materi Menampilkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Pendekatan Induktif Di Kelas II SDN 2 Suwawa, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango hanya mencapai 66,66% (12 orang) dari jumlah siswa Sebanyak 18 orang. Sementara pada siklus II mencapai 88,88% (16 orang) dari Jumlah siswa sebanyak 18 orang. Berdasarkan hasil capaian tersebut, pemahaman Nilai-nilai pancasila siswa kelas II SDN 2 Suwawa, Kec. Suwawa. Kab. Bone Bolango meningkat sebesar 22,22% dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran induktif sangat Efektif dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai pancasila siswa di kelas II SDN 2 Suwawa, Kec. Suwawa, Kab. Bone Bolango. Kata Kunci: Pemahaman, Nilai-nilai Pancasila Siswa dan Pendekatan Induktif