Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Pada Materi Globalisasi Melalui Metode Inkuiri di Kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango

Main Author: SILVANI DUHENGO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
Iv
Sdn
3
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409126/meningkatkan-pemahaman-belajar-siswa-pada-materi-globalisasi-melalui-metode-inkuiri-di-kelas-iv-sdn-3-bulango-timur-kabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Silvani Duhengo, 151409126 Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Pada Materi Globalisasi Melalui Metode Inkuiri di Kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo (pembimbing : Dra. Elmia Umar M.Pd, dan Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si) Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode inkuiri dapat meningkatkan Pemahaman belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tujuan meningkatkan pemahaman belajar siswa pada materi Globalisasi melalui metode inkuiri pada mata pelajaran PKn. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui metode inkuiri dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa pada materi Globalisasi pada mata pelajaran PKn. Hal ini nampak pada hasil siklus dengan rincian pada observasi awal 30 % (6 orang), pada siklus I mencapai 45% (9 orang), dan pada siklus II mencapai 90 % (18 orang) dari 20 siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa melalu metode inkuiri dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas IV SDN 3 Bulango Timur,Kabupaten Bone Bolango. Kata kunci : Pemahaman belajar siswa ,Inkuiri