MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JENIS - JENIS TANAH MELALUI METODE DISCOVERY DI KELAS V SDN 2 TELAGA KABUPATEN GORONTALO
Main Author: | RISNAWATI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409110/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-jenis-jenis-tanah-melalui-metode-discovery-di-kelas-v-sdn-2-telaga-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Risnawati. 2013. Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jenis-jenis tanah melalui metode discovery di kelas V SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Ibu Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jenis-jenis tanah di kelas V SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jenis-jenis tanah melalui metode discovery di kelas V SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika guru menggunakan metode discovery dalam pembelajaran IPA tentang materi jenis-jenis tanah, maka hasil belajar siswa di kelas V SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo akan meningkat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilakukan tindakan pada siklus I maupun siklus II terjadi peningkatan hasil belajar sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Hasil belajar, jenis-jenis tanah dan metode, discovery