Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Intensif Melalui Teknik Klos di Kelas IV SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango
Main Author: | TIKA NOVELINA SEMBIRING |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409104/meningkatkan-kemampuan-siswa-membaca-intensif-melalui-teknik-klos-di-kelas-iv-sdn-6-bulango-selatan-kabupaten-bone-bolango.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tika Novelina Sembiring. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Intensif Melalui Teknik Klos di Kelas IV SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Seolah Dasar. Universitas Negeri Gorontalo Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd,M.Pd selaku pembimbing I dan Dra.Ratnarti Pahrun, M.Pd selaku pembimbing II. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan siswa membaca intensif melalui teknik klos dapat meningkat di Kelas IV SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca intensif melalui teknik klos di kelas IV SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalahjika guru menggunakan teknik klos maka kemampuan siswa membaca intensif di kelas IV SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango akan meningkat. Hasil penelitian tindakan kelas pada observasi awal diperoleh data, dari 25 siswa yang dikenai tindakan hanya 6 siswa ( 24%) sudah dapat dikatakan memiliki kemampuan membaca intensif. Sedangkan pada siklus I diperoleh data bahwa dari jumlah siswa 25 orang yang dikenai tindakan hanya 15 orang siswa (60%), yang memiliki kemampuan membaca intensif, dan siklus II meningkat menjadi 20 orang ( 80%) atau dikatakan sudah memiliki kemampuan membaca intensif. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan teknik klos kemampuan siswa membaca intensif di kelas IV SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango meningkat. Kata Kunci : Membaca Intensif, Teknik Klos