Meningkatkan Kemampuan Siswa Menemukan Kalimat Utama Paragraf Melalui Metode Discovery di Kelas IV SDN 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo

Main Author: NOVITA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
Iv
Sdn
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409102/meningkatkan-kemampuan-siswa-menemukan-kalimat-utama-paragraf-melalui-metode-discovery-di-kelas-iv-sdn-2-telaga-kecamatan-telaga-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Novita, 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menemukan Kalimat Utama Paragraf Melalui Metode Discovery di Kelas IV SDN 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra.Hj. Evi Hasim, M.Pd dan pembimbing II : Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode discovery kemampuan siswa menemukan kalimat utama paragraf di kelas IV SDN 2 Telaga dapat ditingkatkan? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menemukan kalimat utama paragraf melalui metode discovery di kelas IV SDN 2 Telaga. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada observasi awal dari jumlah siswa 38 orang, siswa yang mampu menemukan kalimat utama mencapai 13,16% atau 5 orang, sedangkan yang tidak mampu mencapai 86,84 % atau 33 orang. Pada siklus I meningkat menjadi 44,74 % atau 17 orang siswa yang mampu dan yang tidak mampu mencapai 55,36% atau 21 orang. Pada siklus II meningkat menjadi 81,58 % atau 31 orang siswa yang mampu dan yang tidak mampu mencapai 18,42% atau 7 orang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menemukan kalimat utama paragraf melalui metode discovery di kelas IV SDN 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata kunci : kemampuan, menemukan kalimat utama, metode discovery