Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran PKn Materi Kebebasan Berorganisasi di Kelas V SDN 2 Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango
Main Author: | STIVAN SALEH |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409101/penerapan-metode-demonstrasi-pada-mata-pelajaran-pkn-materi-kebebasan-berorganisasi-di-kelas-v-sdn-2-tapa-kecamatan-tapa-kabupaten-bone-bolango.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Stivan Saleh. NIM. 151409101. Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran PKn Materi Kebebasan Berorganisasi di Kelas V SDN 2 Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Program Studi S1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd Dan Nurhayati Tine, S.Pd.I. M,HI Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi di kelas V SDN 2 tapa kecamatan Tapa Kabupaten Bone bolango. (2) Apa saja kendala yang di hadapi dalam penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi di kelas V SDN 2 tapa kecamatan Tapa Kabupaten Bone bolango. (3) Bagaimana cara mengatasi kendala yang di hadapi dalam penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi di kelas V SDN 2 tapa kec. Tapa Kab. Bone bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan tujuan diarahkan untuk menggambarkan penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi atas dasar kejadian yang diperoleh ketika penelitian lapangan berlangsung. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi di kelas V SDN 2 tapa kecamatan Tapa kabupaten Bone bolango sangat baik, karena penerapan metode demonstrasi sangat maksimal oleh guru mata pelajaran dan sangat tepat dengan materi yang diberikan. dan juga terdapat kendala dan solusi pada penerapan dengan menggunakan metode demonstrasi. Hal ini terlihat bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi sangat menarik perhatian siswa serta mampu untuk membuat siswa lebih aktif meskipun tidak semua siswa yang aktif. Kata Kunci : Metode, Demonstrasi