MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS IV SDN 6 BULANGO SELATAN KABUPATEN BONE BOLANGO
Main Author: | MELISA PURNAMA SARI LUKUM |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409100/meningkatkan-kemampuan-berbicara-siswa-melalui-model-cooperative-script-di-kelas-iv-sdn-6-bulango-selatan-kabupaten-bone-bolango.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK MELISA PURNAMA SARI LUKUM, NIM 151 409 100. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Model Cooperative Script Di Kelas IV SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Program Studi S1-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dra. Hawa Pattiiha S.pd M.pd dan Dra.Ratnarti Pahrun M.pd selaku pembimbing I dan pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Model Cooperative Script Di Kelas IV SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan evaluasi, dan tahap refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi awal bahwa masih terdapat 8 siswa dengan persentase 32% dan pada siklus I siswa yang hasil belajarnya telah mencapai KKM pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang telah ditetapkan sekolah yakni 78%. Siklus I sebanyak 14 siswa dengan persentase 56%. Sedangkan pada siklus II siswa yang hasil belajarnya telah mencapai KKM sebanyak 20 siswa dengan persentase 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script dapat Meningkatkan Kemampuan Siswa belajar pada materi Berbicara di kelas IV SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Kata kunci :Kemampuan Berbicara, Cooperative Script.