Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan kenampakan bumi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa Kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango

Main Author: CICIN ABAS
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Iv
Sdn
3
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409098/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-perubahan-kenampakan-bumi-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-numbered-head-together-nht-pada-siswa-kelas-iv-sdn-3-tapa-kabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Cicin Abas. 2013. Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan kenampakan bumi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa Kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd sebagai dosen pembimbing I, dan Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing II. Masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) hasil belajar siswa pada materi perubahan kenampakan bumi di kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango akan meningkat? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan kenampakan bumi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa Kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam proses pembelajaran khususnya pada materi perubahan kenampakan bumi di kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango maka hasil belajar siswa akan meningkat. Hasil penelitian ini ditunjukkan oleh hasil belajar siswa pada tindakan siklus I dan siklus II yang mengalami peningkatan sebagaimana indikator kinerja yang ditetapkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi perubahan kenampakan bumi di kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)