Meningkatkan Kemampuan Menulis Isi Puisi Melalui Model Talking Stick Pada Siswa Kelas III SDN 11 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo
Main Author: | SISKA YUSUF MOKO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409093/meningkatkan-kemampuan-menulis-isi-puisi-melalui-model-talking-stick-pada-siswa-kelas-iii-sdn-11-telaga-biru-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Siska Yusuf Moko. 2013. Meningkatkan Kemampuan Menulis Isi Puisi Melalui Model Talking Stick Pada Siswa Kelas III SDN 11 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo.Skripsi.Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Hj. Salma Halidu S.Pd, M.Pd, Pembimbing II.Dra. Hawa Patiiha, S.Pd. M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Kemampuan Menulis Isi Puisi Dapat Ditingkatkan Melalui Model Talking Stick Pada Siswa Kelas III SDN 11 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo ?.Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan kemampuan menulis isi puisi pada siswa kelas III SDN 11 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dengan menggunakan model talking stick. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tehnik pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi yang terdiri dari 2 siklus. Jumlah siswa 20 orang. Berdasarkan hasil pada siklus I ada 9 orang atau 45% yang mampu menulis isi puisi dan 11 orang atau 55 % yang belum mampu menulis isi puisi. Pada siklus II siswa yang sudah mampu menulis isi puisi sebanyak 16 orang atau 80% sedangkan yang belum mampu dalam menulis isi puisi sebanyak 4 orang atau 20%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model talking stick dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas III SDN 11 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dalam menulis isi puisi. Kata Kunci: menulis, isi puisi, model talking stick. ?