Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Kalimat Sederhana Yang Didiktekan Guru Melalui Teknik Fading DI Kelas I SDN 9 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango

Main Author: ERNI ATUNA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
I
Sdn
9
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409086/meningkatkan-kemampuan-siswa-menulis-kalimat-sederhana-yangdidiktekan-guru-melalui-teknik-fading-di-kelas-i-sdn-9-tilongkabila-kabupaten-bonebolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Erni Atuna. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Kalimat Sederhana Yang Didiktekan Guru Melalui Teknik Fading DI Kelas I SDN 9 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd.M.Pd Pembimbing I dan pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan siswa menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dapat ditingkatkan melalui teknik fading di kelas I SDN 9 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru melalui teknik fading di kelas I SDN 9 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan analisis data secara kualitatif yang dilakukan dalam dua siklus. Dari hasil tes kemampuan siswa pada siklus I pertemuan I mencapai 10 orang atau 50% dan tidak mampu 10 orang atau 50% sedangkan siklus I pertemuan II 12 orang mampu atau 60% dan kurang mampu 8 orang atau 40%. Pada siklus II pertemuan I 15 orang atau 75% dan 5 orang kurang mampu atau 25%, siklus II pertemuan II meningkat menjadi 18 orang siswa, dan 10% atau sejumlah 2 orang siswa berada dalam kategori kurang mampu. Berdasarkan hasil penelitian bahwa melalui tekhnik fading kemampuan siswa menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru pada siswa kelas I SDN 9 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango mengalami peningkatan. Kata Kunci: Menulis, Kalimat Sederhana, Teknik Fading. ABSTRACT Erni Atuna. 2013. Increase Student Ability Writes Simple Sentence That Is Dictated Teacher Passes Technique Fading At My Class SDN 9 Tilongkabila Regency Bone Bolango. Skripsi. Schoolteacher Education Direction Base, Education Science Faculty, Country University Gorontalo. Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd. M.Pd My Guide is and Guide II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. Troubleshoot in this watchfulness "is ability student write simple sentence that dictated teacher be increased?" pass technique fading at my class SDN 9 Tilongkabila Regency Bone Bolango? Aim from this watchfulness increases student ability writes simple sentence that is dictated teacher passes technique fading at my class SDN 9 Tilongkabila Regency Bone Bolango. Used method at this research is PTK by using data analysis qualitative performed within two cycle. From result of tes ability of student at cycle of I meeting of tired I 10 people or 50% and unable to 10 people or 50% while cycle of I meeting of II 12 people can or 60% and indigent 8 people or 40%. At cycle of II meeting of I 15 people or 75% and 5 indigent people or 25%, cycle of II meeting of II mount to become 18 student people, and 10% or a number of 2 student people stay in indigent category. Pursuant to result of research that passing fading tekhnik ability of student write simple sentence which dictated by teacher at] class student of I SDN 9 Tilongkabila Regency of Bone natural Bolango of improvement. Keyword: Writing, Simple Sentence, Technique of Fading.