Meningkatkan Kemampuan Mengubah Pecahan Biasa Ke Bentuk Persen Serta Sebaliknya Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas V SDN 28 Wonosari Kabupaten Boalemo
Main Author: | I WAYAN YASA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409073/meningkatkan-kemampuan-mengubah-pecahan-biasa-kebentuk-persen-serta-sebaliknya-melalui-pembelajaran-kooperatif-tipe-stadpada-siswa-kelas-v-sdn-28-wonosari-kabupaten-boalemo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK I Wayan Yasa 2014. "Meningkatkan Kemampuan Mengubah Pecahan Biasa Ke Bentuk Persen Serta Sebaliknya Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas V SDN 28 Wonosari Kabupaten Boalemo". Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd, dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah "apakah kemampuan mengubah pecahan biasa ke bentuk persen serta sebaliknya pada siswa kelas V SDN 28 Wonosari dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD heterogen?" Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengubah pecahan biasa ke bentuk persen serta sebaliknya melalui pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada siswa Kelas V SDN 28 Wonosari Kabupaten Boalemo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Dan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, dari 14 siswa diperoleh hanya 6 siswa mampu mengubah pecahan biasa ke bentuk persen serta sebaliknya atau 42,86% siswa memperoleh nilai 65 ke atas. Hal ini belum memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II diperoleh 12 siswa mampu mengubah pecahan biasa ke bentuk persen serta sebaliknya atau 85,71% siwa memperoleh nilai 65 ke atas. Hal ini telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan sehingga hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD kemampuan mengubah pecahan biasa ke bentuk persen serta sebaliknya pada siswa kelas V SDN 28 Wonosari Kabupaten Boalemo meningkat. Kata Kunci : Kemampuan, Mengubah, Pecahan biasa, Persen, STAD