Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Kelas I SDN 5 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo

Main Author: LINDA BUDIARSI MUSA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
I
Sdn
5
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409069/peran-guru-dalam-mengatasi-kesulitan-belajar-siswa-di-kelas-i-sdn-5-telaga-kecamatan-telaga-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Linda Budiarsi Musa. 2013. Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Kelas I SDN 5 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dengan Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di kelas I SDN 5 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di kelas I SDN 5 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif melalui wawancara, angket dan observasi yang dilakukan oleh peneliti terhadap subjek penelitian. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu penelitian ini didasarkan pada peristiwa yang terjadi secara alamiah dalam situasi yang wajar tanpa dipengaruhi oleh peneliti. Berdasarkan hasil pengolahan data bahwa guru telah menjalankan perannya dengan baik dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di kelas I SDN 5 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Sesuai dengan data yang diperoleh yaitu dari 35 siswa terdapat 19 (54,28%) siswa mengalami kesulitan belajar kemudian menurun menjadi 3 (8,57%) siswa yang masih mengalami kesulitan belajar. Kata Kunci: Peran Guru, Kesulitan Belajar.