MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MATERI ORGANISASI PEMERINTAH PUSAT PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS IV SDN 1 TELAGA KABUPATEN GORONTALO
Main Author: | RISNAWATI JUNUS NTUNA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409066/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-dengan-materiorganisasi-pemerintah-pusat-pada-mata-pelajaranpkn-melalui-model-pembelajaran-make-a-matchdi-kelas-iv-sdn-1-telaga-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Risnawati J. Ntuna. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Materi Organisasi Pemerintah Pusat Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Make A Match Di Kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pdi, M.Hi. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan Apakah Hasil Belajar Siswa Dengan Materi Organisasi Pemerintah Pusat Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Make A Match Di Kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo Dapat Meningkat?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan materi organisasi pemerintah pusat pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran make a match di kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan materi organisasi pemerintah pusat pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran make a match di kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian observasi, dan pengamatan dapat diperoleh hasil penelitian pada siklus I tentang hasil belajar siswa dengan materi organisasi pemerintah pusat di kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo dalam pembelajaran PKn hanya mencapai 66,66% (16 orang) dari jumlah siswa 24 orang. Sementara pada siklus II mencapai 87,5% (21 orang) dari jumlah siswa 24 orang. Berdasarkan hasil capaian tersebut, hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo pada mata pelajaran PKn dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran make a match. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model pembelajaran Make A Match