Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Sumber Daya Alam Di Kelas V SDN 3 Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bonebolango

Main Author: RIYANTI ABAS
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
V
Sdn
3
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409049/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-jigsaw-pada-materi-sumber-daya-alam-di-kelas-v-sdn-3-tapa-kecamatan-tapa-kabupaten-bonebolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Riyanti Abas. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Sumber Daya Alam Di Kelas V SDN 3 Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bonebolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran koopertif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Tapa Kabupaten Bonebolango. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar sumber daya alam dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas V SDN 3 Tapa Kabupaten Bonebolango, Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika dalam pembelajaran IPA khususnya tentang sumber daya alam di kelas V SDN 3 Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bonebolango guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, maka hasil belajar siswa akan meningkat. Metode yang digunakan dalam pnelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah dalam penelitian ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa, dari 21 orang siswa yang dikenakan tindakan, 10 orang atau 70,09% yang tuntas. Persentase ini meningkat pada siklus II. Dari 21 orang siswa yang dikenakan tindakan, sudah 19 orang atau 84,38% yang mencapai ketuntasan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran koopertif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar sumber daya alam di kelas V SDN 3 Tapa Kabupaten Bonebolango. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Sumber Daya Alam