Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Siswa Menghitung Luas Lingkaran di Kelas V SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo

Main Author: RIRIN M TUNA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
V
Sdn
5
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409044/upaya-guru-meningkatkan-kemampuan-siswa-menghitung-luas-lingkaran-di-kelas-v-sdn-5-telaga-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ririn M. Tuna. 2013. Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Siswa Menghitung Luas Lingkaran di Kelas V SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan siswa menghitung luas lingkaran di kelas V SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru meningkatkan kemampuan siswa menghitung luas lingkaran di kelas V SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif melalui wawancara, angket, dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan siswa sudah baik yang di peroleh melalui wawancara dengan guru tentang upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghitung luas lingkaran di kelas V SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo dan angket yang dibagikan kepada siswa sebagai pendukung hasil wawancara guru serta melihat dokumentasi nilai siswa yang mencapai nilai rata-rata 73,68. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menghitung luas lingkaran sudah terlaksana dengan baik dengan digunakannya model, metode, media dan bahan ajar cetak sebagai penunjang pembelajaran. Kata kunci: upaya, kemampuan, luas lingkaran.