Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Type STAD Dalam Menceritakan Kembali Isi Cerita Pada Siswa Kelas V SDN 6 Bulangpo Selatan Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bulango
Main Author: | SATRIYANI GANGGAI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409028/penerapan-model-pembelajaran-kooperatif-type-stad-dalam-menceritakan-kembali-isi-cerita-pada-siswa-kelas-v-sdn-6-bulangpo-selatan-kecamatan-bulango-selatan-kabupaten-bone-bulango.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Satriyani Ganggai.2013 Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Type STAD Dalam Menceritakan Kembali Isi Cerita Pada Siswa Kelas V SDN 6 Bulangpo Selatan Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bulango . Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Hj.Salma.Halidu.S.Pd,M.Pd dan pembimbing II Sumarni Mohamad.S.Pd,M.Pd. Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif type STAD, dapat membantu pemahaman siswa tentang menceritakan kembali isi cerita di kelas V SDN 6 Bulango Selatan Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bulango. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapkan model pembelajaran kooperatif type STAD dalam menceritakan kembali isi cerita pada siswa kelas V SDN 6 Bulango Selatan Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bulango. Berdasarkan hasil yang diperoleh peneliti bahwa siswa senag dengan materi menceritakan kembali isi cerita dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif type STAD dilihat dari sebagian besar siswa sudah bisa menceritakan kembali isi cerita walaupun masih ada beberapa yang belum bisa. Kemudian dari hasil wawancara dan angket terlihat bahwa guru telah berupaya semaksimal mungkin untuk menjalankan perannya sebagai guru mulai dari mengajarkan materi dengan mengunakan model-model pembelajaran, memberikan rangsangan kepada siswa sebelum belajar, membimbing siswa yang mengalami kesulitan belajar, serta memberikan evaluasi setelah pembelajaran selesai. Dari hasil angket peneliti melihat bahwa siswa senag dengan materi yang diberikan oleh guru terutama materi menceritakan kembali isi cerita dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif type STAD. Peneliti menyimpulkan bahwa dengan penerapkan model pembelajaran kooperatif type STAD dapat membantu siswa dalam menceritakan kembali isi cerita di kelas V SDN 6 Bulango Selatan Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bulango. Kata kunci :Model STAD, Menceritakan Kembali