Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Dan Lingkungan Melalui Pendekatan Kontruktivisme Di Kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango
Main Author: | KARSUM PAKAYA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409023/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-sumber-daya-alam-dan-lingkungan-melalui-pendekatan-kontruktivisme-di-kelas-iv-sdn-3-tapa-kabupaten-bone-bolango.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Karsum Pakaya. 2013. Skripsi yang berjudul Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Dan Lingkungan Melalui Pendekatan Kontruktivisme Di Kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham S.pd, M.si dan pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, M.pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni Apakah melalui pendekatan kontruktivisme hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam dan lingkungan di kelas IV SDN 3 Tapa akan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam dan lingkungan melalui pendekatan kontruktivisme di kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Analisis data ini dilakukan secara berkesinambungan pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 65% dibandingkan dengan observasi awal 35%. Setelah dilakukan tindakan kelas siklus II meningkat menjadi 80%. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa pendekatan kontruktivisme dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam dan lingkungan di kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bon Bolango. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Kontruktivisme