Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Melalui Pendekatan Kontekstual Di Kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango
Main Author: | FEBRIANTI I PALALU |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409011/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-sumber-daya-alam-melalui-pendekatan-kontekstual-di-kelas-iv-sdn-3-tapa-kabupaten-bone-bolango.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Febrianti I Palalu. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Melalui Pendekatan Kontekstual Di Kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd, dan pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam di kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui pendekatan kontekstual? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam melalui pendekatan kontekstual di kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika guru menggunakan pendekatan kontekstual pada materi sumber daya alam di kelas IV SDN 3 Tapa maka hasil belajar siswa akan meningkat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa tentang materi sumber daya alam sesuai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa penggunaan pendekatan kontekstual ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Sumber Daya Alam, Pendekatan Kontekstual