Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Panas Melalui Metode Eksperimen di Kelas IV SDN 5 Telaga
Main Author: | MENTARI MANTUNE |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409009/hasil-belajar-siswa-pada-materi-energi-panas-melalui-metode-eksperimen-di-kelas-iv-sdn-5-telaga.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Mentari Mantune. 2013. Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Panas Melalui Metode Eksperimen di Kelas IV SDN 5 Telaga. Program studi SI PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Meylan Saleh S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Energi Panas di kelas IV SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yakni jika digunakan metode eksperimen pada materi energi panas di kelas IV SDN SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo, maka hasil belajar siswa akan meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subyek penelitian berjumlah 24 siswa, dan empat tahapan yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai kriteria ketuntasan minimum pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan sekolah yakni 80, terdapat 17 siswa dengan presentase 70,83% sedangkan pada siklus II, Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan terdapat 22 siswa dengan presentase 91,66%. Jadi hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi energi panas dapat meningkat melalui metode eksperimen. Kata Kunci: Hasil Belajar, Materi Energi Panas, Metode Eksperimen.