MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA BERBICARA BAHASA GORONTALO MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS IV SDN 1 KABILA KECAMATAN KABILA KABUPATEN BONE BOLANGO

Main Author: ISWAN M. TUNA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
Iv
Sdn
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409001/meningkatkan-kemampuan-siswaberbicara-bahasa-gorontalo-melalui-model-cooperative-script-di-kelas-iv-sdn-1-kabila-kecamatan-kabilakabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Iswan M. Tuna. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Gorontalo Melalui Model Cooperative Script di Kelas IV SDN 1 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum, Pembimbing II Dra. Hj. Evi Hasyim, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan apakah dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan kemampuan siswa berbicara bahasa Gorontalo di kelas IV SDN 1 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Boalango? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Gorontalo di kelas IV SDN 1 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Boalango. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 29 siswa atau 90,6% yang mampu berbicara bahasa Gorontalo. Dengan demikian peningkatan kemampuan berbicara bahasa Gorontalo siswa sudah mencapai indikator kinerja. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa Penggunaan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan kemampuan siswa berbicara bahasa Gorontalo di SDN 1 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango, dengan demikian bahwa hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima. Kata Kunci : Kemampuan, Berbicara Bahasa Gorontalo, Model Pembelajaran Cooperative Script.