Meningkatkan Kemampuan Mengalikan Bilangan Cacah Tiga Angka Dengan Cara Bersusun Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN No. 25 Dungingi Kota Gorontalo

Main Author: ZAKARIA ABDULLAH
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Iv
Sdn
No.
25
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408507/meningkatkan-kemampuan-mengalikan-bilangan-cacah-tiga-angka-dengan-cara-bersusun-melalui-metode-demonstrasi-pada-siswa-kelas-iv-sdn-no-25-dungingi-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Zakaria Abdullah. 151 408 507, Meningkatkan Kemampuan Mengalikan Bilangan Cacah Tiga Angka Dengan Cara Bersusun Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN No. 25 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengalihkan bilangan cacah tiga angka dengan cara bersusun di kelas IV SDN No. 25 Dungingi Kota Gorontalo dan tidak tidak mencapai criteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengalikan bilangan cacah tiga angka dengan cara bersusun melalui metode demonstrasi pada siswa kelas IV SDN No. 25 Dungingi Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus di kelas IV SDN No. 25 Dungingi Kota Gorontalo. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran kemampuan mengalihkan bilangan cacah tiga angka dengan cara bersusun melalui metode demonstrasi pada siswa kelas IV SDN No. 25 Dungingi Kota Gorontalo, menunjukkan ketuntasan pada kegiatan observasi awal sejumlah 5 orang siswa atau sebesar 25% dan tidak tuntas sejumlah 15 orang atau sebesar 75%. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I, ketuntasan meningkat menjadi sejumlah 14 orang siswa atau sebesar 70% dan tidak tuntas 6 orang siswa atau sebesar 30%. Pada tindakan siklus II ketuntasan lebih meningkat menjadi 18 orang siswa atau sebesar 90%, dan tidak tuntas 2 orang siswa atau sebesar 10%. Kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi kemampuan mengalihkan bilangan cacah tiga angka dengan cara bersusun pada siswa kelas IV SDN No. 25 Dungingi Kota Gorontalo meningkat. Kata Kunci: Kemampuan mengalihkan bilangan caca tiga angka dengan cara bersusun, metode demonstrasi.