Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Teknologi Melalui Model Think Pair Share Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SDN 46 Hulontalangi Kota Gorontalo

Main Author: YOHANA HS. ALI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Ips
Iv
Sdn
46
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408498/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materiperkembangan-teknologi-melalui-model-think-pair-share-pada-pembelajaran-ips-dikelas-iv-sdn-46-hulontalangi-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Yohana Hs. Ali. 151 408 498. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Teknologi Melalui Model Think Pair Share Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SDN 46 Hulontalangi Kota Gorontalo. Suatu penelitian Tindakan Kelas, Skripsi, Gorontalo, Program S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS tentang perkembangan teknologi di kelas IV SDN 46 Hulontalangi Kota Gorontalo. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi melalui pembelajaran model Think-Pair-Share di kelas IV SDN 46 Hulontalangi Kota Gorontalo. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, dimana tindakan penelitian dihentikan jika telah tercapai kriteria ketuntasan belajar sebesar 80% dari jumlah keseluruhan subyek penelitian dengan rata-rata skor lebih dari 65. Subyek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas IV SDN No. 46 Kecamatan Hulontalangi Tahun pelajaran 2011-2012. Hasil belajar siswa diukur berdasarkan kriteria ketuntasan belajar perorangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perolehan data pada siklus 1 tentang hasil belajar siswa mengenai perkembangan teknologi, pada siklus I, siswa yang memperoleh nilai ketuntasana berjumlah 23 siswa atau 63,9%, dan pada siklus II, siswa yang memperoleh ketuntasan belajar berjumlah 32 siswa atau 88%, dan yang belum tuntas berjumlah 4 orang dengan prosentase 12%, dengan daya serap 85,8.. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa dengan menggunakan model Think- Pair-Share, hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS tentang perkembangan teknologi telah tercapai dengan baik. Kata kunci: Hasil belajar siswa, model Think-Pair-Share.