Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division Pada Siswa Kelas IV SDN no 80 Kota Tengah Kota Gorontalo
Main Author: | SURYAN PATAJENU |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408478/meningkatkan-kemampuan-membaca-pemahaman-melalui-pembelajaran-kooperatif-model-student-teams-achievement-division-pada-siswa-kelas-iv-sdn-no-80-kota-tengah-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- Suryani Patadjenu.2012. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Nomor 80 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Rusmin Husain,S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD melalui model Student Teams Achievement Division (STAD). Permasalahan yang diangkat penulis dalam penulisan ini adalah Apakah pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa SD kelas IV? Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, Penulis menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Tekhnik pengumpulan data dalam bentuk observer, tes dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pada Siklus I, siswa telah dapat bekerja sama dalam hal menentukan tema bacaan menentukan pokok pikiran (tema) setiap paragraf, dan menyimpulkan isi bacaan. Pada siklus II, siswa telah dapat menjawab pertanyaan isi bacaan secara individual dan menempatkan siswa pada kelompoknya masing-masing. Berdasarkan penilaian secara individual dan kelompok terjadi peningkatan skor atau nilai yakni dari Skor dasar atau nilai ratarata 67,71 menjadi skor atau nilai rata- rata 08,04. Hal ini menunjukkan bahwa Pada siklus II telah terjadi peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IVSDN No. 80 Kota Tengah Kota Gorontalo. Berdasarkan Uraian Pada Siklus I dan Siklus II maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN No. 80 Kota Tengah Kota Gorontalo. Kata Kunci: Membaca Pemahaman,Model STAD