MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA BERBICARA MENYAMPAIKAN PESAN TENTANG PETUINJUK PENGGUNAAN SUATU ALAT MELALUI METODE DISKUSI DI KELAS IV SDN NO. 25 DUNGINGI KOTA GORONTALO
Main Author: | IRI GOBEL |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408389/meningkatkan-kemampuan-siswa-berbicara-menyampaikanpesan-tentang-petuinjuk-penggunaan-suatu-alat-melalui-metode-diskusi-di-kelas-iv-sdn-no-25-dungingi-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Iri Gobel. 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbicara Menyampaikan Pesan Tentang Petuinjuk Penggunaan Suatu Alat Melalui Metode Diskusi di Kelas IV SDN No. 25 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasyim, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa berbicara menyampaikan pesan tentang petuinjuk penggunaan suatu alat melalui metode diskusi di kelas IV SDN No. 25 Dungingi Kota Gorontalo. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas IV SDN No. 25 Dungingi. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa observasi lapangan selama proses pembelajaran berlangsung, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, hasil evaluasi siswa, wawancara serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan metode diskusi di kelas IV SDN No. 25 Dungingi dapat meningkatkan kemampuan siswa berbicara menyampaikan pesan tentang penggunaan suatu alat, hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan yang diperoleh siswa pada observasi awal sejumlah 10 orang siswa atau 38.46%, pada siklus I meningkat sejumlah 19 orang siswa atau 73.08%, sedangkan pada siklus II lebih meningkat menjadi sejumlah 24 orang siswa atau sebesar 92.30%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan berbicara siswa dalam menyampaikan pesan tentang penggunaan suatu alat dengan menggunakan metode diskusi dan siswa terlihat lebih aktif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: kemampuan menyampaikan pesan, metode diskusi. ABSTRACT Iri Gobel. 2012. Improving Ability Of Student Converse To Submit Message About Petuinjuk Usage Appliance Through Method Discussion in Class of IV SDN No. 25 Dungingi Town of Gorontalo. Skripsi, Majors Education Of Elementary Schoolteacher, Faculty Science Education, University Country of Gorontalo. Counsellor Of I Dra. Evi Hasyim, M.Pd and Counsellor Of II Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Intention of this research is to improve ability of student converse to submit message about petuinjuk of usage an appliance pass/through discussion method in class of IV SDN No. 25 Dungingi Town of Gorontalo. Research the used is Research Of Action Class (PTK) in class of IV SDN No. 25 Dungingi. Source of data in this research is entire/all class student of IV. collected Data of this research in the form of field observation during study process take place, result of activity observation learn and student, result of student evaluation, interview and also documentation. Pursuant to result of research, usage of discussion method in class of IV SDN No. 25 Dungingi can improve ability of student converse to submit message about usage an appliance, this matter is shown completely which is obtained by student at observation early a number of 10 student people or 38.46%, at cycle of I mount a number of 19 student people or 73.08%, while at cycle of II more mounting to become a number of 24 student people or equal to 92.30%. Conclusion of this research is the existence of the make-up of ability converse student in submitting message about usage an appliance by using discussion method and student seen more active in course of study. Keyword: Ability submit message, discussion method.