meningkatkan hasil belajar siswa pada materi harga diri dalam pembelajaran PKM melalui metode bermain peran di kelas III SDN 23 Dungingi kota gorontalo

Main Author: HADIDJAH INADO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Pkm
Di
Iii
Sdn
23
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408372/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-harga-diri-dalam-pembelajaran-pkm-melalui-metode-bermain-peran-di-kelas-iii-sdn-23-dungingi-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • HADIJAH INADO. 2012. Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Harga Diri dalam Pembelajaran PKn melalui metode bermain peran di Kelas III SDN 23 Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2012. Masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode bermain peran hasil belajar siswa kelas III SDN 23 Kota Gorontalo tentang materi harga diri dapat ditingkatkan? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa tentang harga diri pada pembelajaran PKn melalui metode bermain peran di kelas III SDN 23 Kota Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa dari 30 orang yang memperoleh nilai di atas 65 atau yang tuntas hasil belajarnya pada siklus 1 yang tuntas hasil belajarnya sebanyak 15 orang dengan persentase sebesar 59%, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 28 orang dengan persentase sebesar 93,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Metode bermain peran terbukti meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III SDN 23 Kota Gorontalo. Kata kunci: Hasil belajar siswa, metode bermain peran, harga diri.