MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA BENTUK PENGURANGAN BILANGAN CACAH MELALUI PENERAPAN TEORI POLYA PADA SISWA KELAS 1 SDN 2 KABILA BONE KABUPATEN BONE BOLANGO
Main Author: | VERAWATY BALANGO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408301/meningkatkan-kemampuan-menyelesaikan-soal-cerita-bentuk-pengurangan-bilangan-cacah-melalui-penerapan-teori-polya-pada-siswa-kelas-1-sdn-2-kabila-bone-kabupaten-bone-bolango.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Verawaty Balango, Nim 151 408 301. 2012. Meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita bentuk pengurangan bilangan cacah melalui penerapan teori Polya pada siswa kelas 1 SDN 2 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Program Studi S-I PGSD jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dra. Martianty Nalole, M.Pd selaku pembimbing I dan Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah penerapan teori Polya dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita bentuk pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas I SDN 2 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango?. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita bentuk pengurangan bilangan cacah melalui penerapan teori Polya pada siswa kelas I SDN 2 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Pada penelitian menggunakan ketuntasan nilai minimal 75 % dari jumlah subyek yang diteliti dengan hasil minimal individu nilai belajar di atas 65. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dari total jumlah siswa 25 orang yang dikenai tindakan, yang tuntas sebanyak 10 orang atau 40% dan yang tidak tuntas sebanyak 15 orang atau 60%. Dihubungkan dengan indikator keberhasilan penelitian yang menetapkan minimal 75% siswa memperoleh nilai 65 ke atas berarti indikator keberhasilan belum tercapai. Sehingga penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil yang dicapai yaitu dari 25 siswa yang dikenai tindakan, yang tuntas sebanyak 21 orang atau 84% dan yang belum tuntas 4 orang atau 16%. Hasil yang dicapai pada siklus II melebihi indikator yang diharapkan, sehingga penelitian ini tidak dilanjutkan lagi pada siklus berikutnya. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal cerita bentuk pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas 1 SDN 2 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango meningkat melalui penerapan teori Polya Kata Kunci : Kemampuan, Bilangan Cacah, Teori Polya ABSTRACT Verawaty Balango, Nim 151 408 301. Of 2012. Increasing Problem Solving Ability Story Form Numbers Count Reduction Through Application Of Polya Theory In Student Class I SDN 2 Bone Of Bone Bolango Kabila. Thesis Program SI PGSD Department of Teacher Education Elementary School, State University Of Gorontalo. Dra. Martianty Nalole, M.Pd as supervisor I and Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd II as mentors. Formulation of the problem action was is what is the application of Polya theory can improve the ability to solve word problems in the form of a reduction in the natural numbers I grade students of SDN 2 Bone of Bone Bolango Kabila. The purpose of this study was to improve the ability to solve word problems form the natural numbers reduced trough the application of Polya theory to the students of class I SDN 2 Bone of bone Bolango Kabila. The method used in this study is action research methods class. In the study using the completeness of at least 75% of the subjects studied by the minimal value of studying individuals over 65. The results showed that in cicle I of the total number of students are 25 people who act, who finished as many as 10 people or 40% and who did not complete as many as 15 people or 60%. Associated with indicators of the success of research that establishes a minimum 75 % of students scored 65 or more meaningful indicators of success is determined not been achieved. So the research continued in the second cycle. In the second cycle the results achieved from the 25 students who are subjected to the action, which finished as many as 21 people or 84% and is not yet complete as many as 4 people or 16%. Results achieved at the second cycle indicator exceeds the expected, so the study was discontinued in the next cycle. From the results of research and discussion can be concluded that the ability to solve word problems in the form of a reduction in the natural numbers I grade students of SDN 2 Bone of Bone Bolango Kabila can be upgraded via application Polya theory. Keywords : ability, the natural numbers, Polya theory