MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MENULIS HURUF TEGAK BERSAMBUNG MELALUI TEKNIK FADING DI KELAS II SDB AL-HUDA KOTA SELATAN KOTA GORONTALO
Main Author: | VERAWATY WAHYUNANGSI AHMAD |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408300/meningkatkan-keterampilan-siswa-menulis-huruf-tegak-bersambung-melalui-teknik-fading-di-kelas-ii-sdb-al-huda-kota-selatan-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- Verawaty Wahyunangsih Ahmad. NIM. 151408300. 2012. Meningkatkan Keterampilan Siswa Menulis Huruf Tegak Bersambung Melalui Teknik Fading Di Kelas II SDB Al-Huda Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hawa Patiiha S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu. S.Pd, M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: Apakah keterampilan siswa menulis huruf tegak bersambung melalui teknik fading di kelas II SDB AL-Huda Kota Selatan Kota Gorontalo dapat ditingkatkan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa menulis huruf tegak bersambung melalui teknik fading di kelas II SDB Al-huda Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdapat 4 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah dilakukan kegiatan tindakan kelas siklus I Nampak bahwa siswa kelas II SDB Al-Huda Kota Selatan Kota Gorontalo yang mamapu menulis huruf tegak bersambung melalui teknik fading berjumlah 12 orang (63%) sedangkan yang belum mampu berjumlah 7 orang (37%). Pada dtindakan kelas siklus II siswa yang mampu menulis huruf tegak bersambung melalui teknik fading berjumlah 17 orang (89%) sedangkan yang belum mampu berjumlah 2 orang (11%). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa teknik fading dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan siswa menulis huruf tegak bersambung di kelas II SDB Al- Huda Kota Selatan Kota Gorontalo. Kata Kunci: Menulis Tegak Bersambung. Teknik Fading