Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Gerak Benda Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di Kelas IV SDN No. 33 Kota Selatan Kota Gorontalo

Main Author: TRY ZELA M. RAHMAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
Iv
Sdn
No.
33
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408293/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-tentang-materi-gerak-benda-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-stad-di-kelas-iv-sdn-no-33-kota-selatan-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Try Zela M Rahman, 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Gerak Benda Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di Kelas IV SDN No. 33 Kota Selatan Kota Gorontalo . Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H Abd Haris PanaI S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Ahmad Lamusu. S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Gerak Benda Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD . Adapun tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi gerak benda melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) Di Kelas IV SDN No 33 Kota Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Sementara teknik analisis data yang di lakukan dengan cara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dari siklus 1 sebesar 57,1 % yang tuntas dan masih ada sebagian besar siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Namun pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 85,7 % siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal.. Disimpulkan bahwa berdasarkan hasil penelitian, terbukti bahwa model pembelajaran koopertif tipe STAD ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. . Kata Kunci : Hasil belajar, STAD