MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI GAMBAR CETAK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS II SDN 27 DUNGINGI KOTA GORONTALO

Main Author: TRISDIBYO DAUD
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Di
Ii
Sdn
27
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408291/meningkatkan-kemampuan-siswa-pada-materi-gambar-cetak-melalui-metode-demonstrasi-di-kelas-ii-sdn-27-dungingi-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Trisdibyo Daud. 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Materi Gambar Cetak Melalui Metode Demonstrasi di Kelas II SDN 27 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Wiwy T. Pulukadang, S.Pd,. M.Pd dan Pembimbing 2 Dra. Elmia Umar, M.Pd. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa pada materi gambar cetak di kelas II SDN 27 Dungingi, Kota Gorontalo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdidri dari 2 siklus, tujuannya untuk meningkatkan kemampuan siswa pada materi gambar cetak melalui metode demonstrasi di kelas II SDN 27 Dungingi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan metode demonstrasi dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa pada materi gambar cetak dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK. Hal ini nampak pada hasil siklus dengan rincian observasi awal 51.59% pada siklus I meningkat lagi sebesar 65.68% dan pada siklus II 96.07% dari 17 Orang siswa. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa pada materi gambar cetak smelalui metode demosntrasi dikelas II SDN 27 Dungingi Kota Gorontalo. Kata Kunci : Kemampuan, Gambar Cetak, Demonstrasi