Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Perkalian Bilangan Cacah Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada siswa Kelas II SDN 1 Suwawa Timur Kab. Bone Bolango Prov. Gorontalo

Main Author: SUBAHRIA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
And
Ii
Sdn
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408270/meningkatkan-kemampuan-menyelesaikan-perkalian-bilangan-cacah-melalui-model-pembelajaran-contextual-teaching-and-learning-ctl-pada-siswa-kelas-ii-sdn-1-suwawa-timur-kab-bone-bolango-prov-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Subahria. 151408270. 2012. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Perkalian Bilangan Cacah Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada siswa Kelas II SDN 1 Suwawa Timur Kab. Bone Bolango Prov. Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Dra.SamsiarRivai, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing I danDra. MartiantyNalole, M.Pd selaku Pembimbing II. Permasalahandalampenelitianiniadalahapakah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas II SDN 1 Suwawa Timur dalam menyelesaikan perkalian bilangan cacah? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkankemampuanmenyelesaikanperkalianbilangancacah melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas II SDN 1SuwawaTimur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodepenelitian tindakan kelas. Penelitiantindakankelasinidilaksanakan di Kelas II SDN 1 SuwawaTimurdenganjumlah 23 siswa.Penelitianinidilaksanakandalam 2 siklus, yaitusiklus I dansiklus II. Hasilpenelitianmenunjukanbahwapadapelaksanaansiklus I dari 23 siswa yang dikenaitindakanmemperolehnilai di bawah 65 berjumlah 10 siswaatau 43,47% dinyatakanbelummampudan yang memperolehnilai diatas 65 berjumlah 13 siswaatau 56,52% dinyatakanmampu. Sedangkanpadasiklus II siswa yang memperolehnilai di bawah 65 berjumlah 3 siswaatau 13,04% dinyatakanbelummampudansiswa yang memperolehnilai di atas 65 berjumlah 20 siswaatau 86,95%. Berdasarkanhasilpenelitiandanpembahasan, makadisimpulkanbahwa, melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), kemampuan menyelesaikan perkalian billangan cacah pada siswa kelas II SDN I Suwawa Timur meningkat. Kata kunci :Perkalian,BilanganCacah, ModelPembelajaran CTL