Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Perjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda Melalui Model Group Investigation Di Kelas V SDN 1 Huidu Utara Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo
Main Author: | SRIYUYANTI MOITO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408269/meningkatkan-pemahaman-siswa-tentang-perjuanganpara-tokoh-pejuang-pada-masa-penjajahan-belanda-melalui-model-groupinvestigation-di-kelas-v-sdn-1-huidu-utara-kecamatan-limboto-baratkabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- Sriyuyanti Moito. 2012. Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Perjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda Melalui Model Group Investigation Di Kelas V SDN 1 Huidu Utara Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Gorontalo Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2012. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan Model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan pemahaman siswa Tentang Perjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda di kelas V SDN 1 Huidu Utara Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang Materi Perjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas untuk memberikan gambaran terhadap keadaan peningkatan pemahaman siswa terhadap Materi Perjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda Melalui Model Group Investigation (GI). Data-data dikumpulkan melalui lembar observasi berupa lembar pengamatan aktivitas siswa, pengamatan pemahaman siswa dan hasil evaluasi belajar siswa untuk mengukur tingkat pemahaman siswa dan keberhasilan penelitian. Pada hasil penelitian siklus I, diperoleh hasil pemahaman siswa dari 19 orang mencapai 52.63%. Pada siklus II memperlihatkan hasil pemahaman siswa meningkat menjadi 89.47% sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Group Investigation (GI) pemahaman siswa tentang Penjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda Di Kelas V SDN 1 Huidu Utara Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata kunci : Pemahaman, Perjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda, Model Group Investigation (GI)