MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PERISTIWA DALAM KELUARGA YANG DIALAMI PADA SISWA DI KELAS 3 SDN NO. 87 KOTA TENGAH KOTA GORONTALO
Main Author: | SISKAFERAWATI UMAR |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408248/meningkatkan-kemampuan-berbicara-melalui-peristiwa-dalam-keluarga-yang-dialami-pada-siswa-di-kelas-3-sdn-no-87-kota-tengah-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Siskaferawati Umar. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Peristiwa Dalam Keluarga Yang Dialami Pada Siswa Dikelas III SDN No 87 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Hawa Pattiha, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd.,M.Pd. Masalah Yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan berbicara melalui peristiwa dalam keluarga yang dialami pada siswa dikelas III SDN No 87 Kota Tengah Kota Gorontalo dapat ditingkatkan. Penelitian ini laksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui peristiwa dalam keluarga yang dialami pada siswa dikelas III SDN No 87 Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas ( PTK). Langkah dari penelitian ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Hasil Penelitian pada siklus I menunjukan bahwa, dari 26 orang siswa yang dikenakan tindakan, 16 orang atau 61.53 % yang mampu berbicara melalui peristiwa dalam keluarga yang dialami pada siswa. pada siklus II bertambah menjadi 20 orang siswa atau 76.92 % yang mampu berbicara. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara melalui peristiwa dalam keluarga yang dialami pada siswa dikelas III SDN No 87 Kota Tengah Kota Gorontalo pada mata pelajaran bahasa Indonesia meningkat. Kata Kunci : Kemampuan, Berbicara, Peristiwa dalam keluarga