MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN PENGURANGAN PECAHAN BIASA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS IV SDN 10 KOTA BARAT KOTA GORONTALO
Main Author: | SILFANA DJAFAR |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408245/meningkatkan-kemampuan-menyelesaikan-pengurangan-pecahan-biasa-melalui-pembelajaran-kooperatif-tipe-think-pair-share-pada-siswa-kelas-iv-sdn-10-kota-barat-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK SILFANA DJAFAR, NIM. 151 408 245, 2012. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Pengurangan Pecahan Biasa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Siswa Kelas IV SDN 10 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nolole, M.Pd, Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan pengurangan pecahan biasa pada siswa kelas IV SDN 10 Kota Barat Kota Gorontalo? Adapun yang menjadi tujuan utama dalam penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan menyelesaikan pengurangan pecahan biasa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, dapat pada siswa kelas IV SDN 10 Kota Barat Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas, karena dengan metode tindakan kelas peneliti dapat melaksanakan pembelajaran secara langsung dan menilai keaktifan siswa dalam pembelajaran. Adapun indikator dalam penelitian ini adalah minimal 80% dari seluruh siswa kelas IV SDN 10 Kota Barat Kota Gorontalo yang dikenai tindakan memperoleh nilai 70 ke atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari 22 siswa hanya 11 siswa atau 50% yang tuntas belajar. Pada siklus II nilai ketuntasan siswa meningkat menjadi 81,8% dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 18 siswa dari 22 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperativ tipe think pair share kemampuan menyelesaikan pengurangan pecahan biasa pada siswa kelas IV SDN 10 Kota Barat Kota Gorontalo meningkat. Kata kunci : Pengurangan Pecahan Biasa dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share