Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Pemahaman Melalui teknik Skimming di Kelas V SDN 1 Olimooo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo
Main Author: | SANTI ALI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408236/meningkatkan-kemampuan-siswa-membaca-pemahaman-melalui-teknik-skimming-di-kelas-v-sdn-1-olimooo-kecamatan-batudaa-pantai-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- Santi Ali. 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Pemahaman Melalui teknik Skimming di Kelas V SDN 1 Olimooo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan pembimbing II Dra. Hawa Patiiha, S.Pd. M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah kemampuan membaca pemahaman siswa melalui teknik skimming di kelas V SDN 1 Olimooo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca pemahaman melalui teknik skimming di kelas V SDN 1 Olimooo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdapat 4 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi. Penelitian ini dibantu oleh guru lain yang bertindak sebagai pengamat. Jumlah subyek penelitian sebanyak 14 orang dengan 7 laki-laki dan 7 perempuan. Hasil penelitian mengenai kemampuan siswa membaca pemahaman melalui teknik skimming selama pelaksanaan tindakan yaitu pada siklus I persentase rata-rata mencapai 57,14 % meningkat menjadi 97,62 % pada siklus II. Sedangkan data hasil observasi kegiatan guru pada siklus I jumlah aspek yang sesuai mencapai jumlah 17 aspek dengan persentase 70,83 % dan meningkat menjadi 22 aspek dengan persentase 91,67 % pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik skimming dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN 1 Olimooo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Teknik Skimming