MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IV SDB AL-HUDA KOTA SELATAN KOTA GORONTALO

Main Author: RAHMAT PRATAMA ARIEF
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Di
Iv
Sdb
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408206/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-kegiatan-ekonomi-melalui-model-pembelajaran-cooperatif-tipe-jigsaw-di-kelas-iv-sdb-al-huda-kota-selatan-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rahmat P. Arief. 151408206 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS melalui model cooperative tipe jigsaw (Penelitian di kelas IV SDB Al-Huda Kota Selatan Kota Gorontalo). Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo (Pembimbing : Dra. Elmia Umar M.Pd dan Nurhayati Tine S.Pdi, M.Hi). Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan Model Pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SDB Al-Huda Kota Selatan, Kota Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi kegiatan ekonomi pada mata pelajaran IPS. Cara pengambilan data dilaksanakan saat pembelajaran telah selesai dengan memeriksa hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan Model Pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini nampak pada hasil siklus dengan rincian pada observasi awal 41,66% (9 orang), pada siklus 1 mencapai 46,40% (14 orang), dan pada siklus II 78,80% (22 orang) dari 24 orang siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDB Al-Huda Kota Selatan, Kota Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar, Cooperative Tipe Jigsaw