MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK TERHADAP DARATAN MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS IV SDN 85 KOTA TENGAH

Main Author: PRATIWI MAS'UD LAEBO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Di
Iv
Sdn
85
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408202/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-materi-perubahan-lingkungan-fisik-terhadap-daratan-melalui-metode-demonstrasi-di-kelas-iv-sdn-85-kota-tengah.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Pratiwi M. Laebo. 2011. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Perubahan Lingkungan Fisik Terhadap Daratan Melalui Metode Demonstrasi di Kelas IV SDN 85 Kota Tengah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembibing I (Prof. Dr. H. Abdul Haris Panai, S.Pd, M.Pd ), dan pembimbing II (Drs. Hi Ahmad Lamusu, M.Pd). Rumusan dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan fisik terhadap daratan melalui Metode demonstrasi di kelas IV SDN 85 Kota Tengah, dapat meningkat?. Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan fisik terhadap daratan melalui metode demonstrasi dikelas IV SDN 85 Kota Tengah dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pada pelaksanaan tindakan pada siklus I hasil belajar siswa sebesar 72.60%. Namun hasil belajar tersebut belum mencapai indikator capaian yakni 80%. Maka dilanjutkan pada tindakan siklus II, pada pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh hasil belajar siswa sebesar 80.20% atau terjadi peningkatan sebesar 7.6% dari hasil pelaksanaan siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi perubahan lingkungan fisik terhadap daratan kelas Kelas IV SDN 85 Kota Tengah, meingkat. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Demonstrasi