Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peristiwa Alam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas V SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo

Main Author: OLAN RAZAK
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Di
V
Sdn
30
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408196/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-peristiwa-alam-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-stad-di-kelas-v-sdn-30-kota-selatan-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Olan Razak. Nim 151408196. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peristiwa Alam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas V SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo, skripsi program SI PGSD Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI S.Pd, M.Pd. Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta S.Pd, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Subjek penelitian ini adalah satu kelas, yaitu kelas V dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi. Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi peristiwa alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo? sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa pada materi peristiwa alam melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas V SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I skor yang diperoleh siswa hanya 38,09% atau hanya 8 orang siswa yang mencapai ketuntasan dan yang belum mencapai ketuntasan 13 orang siswa, dan daya serap yang diperoleh siswa hanya 66,66%. Sedangkan pada siklus II skor yang diperoleh siswa adalah 90% dengan siswa yang tuntas 19 orang siswa dan yang tidak tuntas hanya 2 orang siswa dengan jumlah 21 siswa, dan daya serap yang diperoleh adalah 90,23%. Ini berarti bahwa penelitian yang dilaksanakan dinyatakan berhasil sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu pembelajaran dianggap tuntas apabila minimal 75% atau 19 dari 21 jumlah siswa memperoleh nilai 75 ke atas atau minimal 75 sesuai dengan KKM dengan daya serap yang diperoleh siswa minimal 75%. Dari hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan mdelpembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo pada materi peristiwa alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif. Kata kunci: Hasil belajar, model pembelajaran, kooperatif tipe STAD. AD'S type.