Meningkatkan pemahaman siswa mengenal perkembangan teknologi produksi dengan menggunakan model JIGSAW pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo
Main Author: | NURMILAN PULUMODUYO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408190/meningkatkan-pemahamansiswa-mengenal-perkembangan-teknologi-produksi-dengan-menggunakan-modeljigsaw-pada-mata-pelajaran-ips-kelas-iv-sdn-no-17-kota-barat-kotagorontalo.html |
Daftar Isi:
- vii ABSTRAK Nurmilan Pulumoduyo. 2012. NIM 151 408 190. Meningkatkan pemahaman siswa mengenal perkembangan teknologi produksi dengan menggunakan model JIGSAW pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi SI Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan pembimbing II Nurhayati Tine S.Pd.I.M.H.I. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan model JIGSAW, pemahaman siswa mengenal perkembangan teknologi produksi pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo. Jenis penelitian tindakan ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 19 siswa atau 66% siswa yang sudah memahami perkembangan teknologi produksi pada aspek kerja sama. Ini berarti belum mencapai indikator kinerja yakni 76% sehingga diadakan tindak lanjut ke siklus II. PADA Siklus II terdapat 24 siswa atau 83% yang sudah memahami perkembangan teknologi produksi pada aspek kerjasama. Dengan demikian indikator kinerja telah tercapai dan pembelajaran dianggap tuntas. Disimpulkan bahwa model JIGSAW meningkatkan pemahaman siswa mengenal perkembangan teknologi produksi pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo. Kata Kunci : Pemahaman Siswa Mengenal perkembangan teknologi produksi dengan menggunakan model JIGSAW