PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENULIS PARAGRAF PADA SISWA KELAS IV SDN 6 BULANGO SELATAN KAB. BONE BOLANGO

Main Author: NURAINI MALEO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Iv
Sdn
6
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408186/penerapan-pendekatan-kontekstual-dalam-menulis-paragraf-pada-siswa-kelas-iv-sdn-6-bulango-selatan-kab-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nuraini Maleo. 2013. Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Menulis Paragraf Pada Siswa Kelas IV SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Yusuf Djafar, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan pendekatan kontekstual dalam menulis paragraf pada siswa kelas IV SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango?Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan kontekstual dalam menulis paragraf pada siswa kelas IV SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian dengan menggunakan teknik desriptif dalam hal ini pengumpulan data menggunakan hasil wawancara siswa dan guru, serta dokumentasi guna melengkapi informasi yang diperoleh. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan kontekstual a) siswa dapat membuat kalimat topik dan kalimat pengembang, b) siswa dapat membuat paragraf dengan struktur yang ideal, c) siswa dapat membuat paragraf dengan variasi struktur paragraf yang tepat. Berdasarkan analisis data kemampuan siswa dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis paragraf. Kata Kunci : Pendekatan Kontekstual, Menulis, Paragraf