Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Perkembangan Teknologi Transportasi Melalui Model Make a Match Di Kelas IV SD Laboratorium UNG Kota Selatan Kota Gorontalo

Main Author: NUR AFNI AYUNI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
A
Di
Iv
Sd
Ung
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408182/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-materi-perkembangan-teknologi-transportasi-melalui-model-make-a-match-di-kelas-iv-sd-laboratorium-ung-kota-selatan-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Nur Afni Ayuni. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Perkembangan Teknologi Transportasi Melalui Model Make a Match Di Kelas IV SD Laboratorium UNG Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi,M.Si dan Pembimbing II Dra. Elmia Umar, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini bahwa Apakah melalui model Make a Match hasil belajar siswa materi perkembangan teknologi transportasi di kelas IV SD Laboratorium UNG Kota Selatan Kota Gorontalo dapat meningkat?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi perkembangan teknologi transportasi melalui model make a match di kelas IV SD Laboratorium UNG Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas IV SD Laboratorium UNG Kota Selatan Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang siswa perempuan yang pada siklus I menunjukkan 10 orang siswa yang memperoleh kriteria tuntas 50 %. Pada siklus II meningkat menjadi 17 orang siswa 85% kriteria tuntas atau indikator tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi perkembangan teknologi transportasi. Kata Kunci: Perkembangan Teknologi Transportasi, Model Make a Match.