meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) di kelas IV SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo
Main Author: | MUALIF MURTADHO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408162/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-perubahan-lingkungan-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-numbered-heads-together-nht-di-kelas-iv-sdn-28-kota-selatan-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Mualif Murtadho. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Di Kelas IV SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1-PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Ahmad Lamusu, M.Pd Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Siswa kelas IV SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo yang menjadi subjek dalam penelitian ini berjumlah 23 orang yang terdiri dari 9 orang siswa putra dan 13 siswa putri. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah (1) minimal 75% dari seluruh aspek kegiatan guru dan siswa yang diamati mencapai target (2) minimal 85% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 6,9 ke atas dengan daya serap rata-rata 69%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pengunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo tahun pelajaran 2011/2012 pada pelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 69,57% menjadi 91,31% atau rata-rata kelas 7,413 menjadi 8,543. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya, yaitu jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), maka hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan di SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo akan meningkat. Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Perubahan Lingkungan, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)