Meningkatkan Kemampuan Menjumlah Bilangan Cacah Melalui Media Kantong Angka Pada Siswa Kelas III SDN 1 Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: MOHAMAD IRSAL BIGA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Iii
Sdn
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408161/meningkatkan-kemampuan-menjumlah-bilangan-cacahmelalui-media-kantong-angka-pada-siswa-kelas-iii-sdn-1-suwawa-selatankabupaten-bone-bolango-tahun-pelajaran-20112012.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Moh.Irsal Biga, 2012 Meningkatkan Kemampuan Menjumlah Bilangan Cacah Melalui Media Kantong Angka Pada Siswa Kelas III SDN 1 Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Ismail Pioke, S.Pd,M.Pd dan Pembimbing II Dra.Samsiar Rivai, S.Pd,M.Pd. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan mengunakan media kantong angka dapat meningkatkan kemampuan menjumlah bilangan cacah pada siswa kelas III SDN I Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango? Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan menjumlah bilangan cacah melalui media kantong angka pada siswa kelas III SDN I Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian adalah metode penelitian tindakan kelas terhadap peningkatan kemampuan menjumlah bilangan cacah melalui media kantong angka, dan subjek dalam penelitian ini adalah 19 orang siswa kelas III SDN 1 Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango. Untuk memperoleh data yang diinginkan dan sesuai dengan kepentingan penjelasan maka penulis menggunakan tehnik pengumpulan data melalui data hasil observasi, dan tes tertulis kegiatan belajar mengajar pada setiap siklus. Hasil penelitian pada siklus I dapat diketahui bahwa, dari 19 siswa yang dikenakan tindakan untuk hasil capaian siswa mencapai nilai 65 ke atas nampak hanya 14 orang atau 73,7% mampu menjumlah bilangan cacah dan siswa yang mencapai nilai kurang dari 65 berjumlah 5 orang atau 26,3 % tidak mampu menjumlah bilangan cacah. Sedangkan untuk tindakan pembelajaran siklus II, siswa mencapai nilai 65 ke atas berjumlah 17 orang atau 89,5 % mampu menjumlah bilangan cacah dan siswa yang mencapai nilai kurang dari 65 berjumlah 2 orang atau 10,5 % tidak mampu menjumlah bilangan cacah. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa dengan mengunakan mediaKantong Angka kemampuan menjumlah bilangan cacah pada siswa kelas III SDN 1 Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango meningkat. Kata kunci: Kemampuan, Menjumlah, Bilangan Cacah, Media, Kantong Angka