MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS TEGAK BERSAMBUNG DIKELAS II SDN 27 DUNGINGI KOTA GORONTALO
Main Author: | MOHAMAD FAISAL R. ADAM |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408160/meningkatkan-kemampuan-siswa-menulis-teks-tegak-bersambung-dikelas-ii-sdn-27-dungingi-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Mohamad Faisal R. Adam. 2012. Meningkatkan kemampuan Siswa menulis teks tegak bersambung dikelas II SDN 27 Dungingi kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : ,Dra. Dajani Suleman, M.Hum Dra. Hj. Pertiwi Laboro, M.Pd Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis teks tegak bersambung dikelas II SDN 27 dungingi Kota Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tujuan meningkatkan kemampuan siswa pada menulis teks tegak bersambung melalui model pembelajaran langsung dikelas II SDN 27 dungingi Kota Gorontalo. Metode Penelitian Tindakan Kelas ini digunakan dengan maksud untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa menulis teks tegak bersambung melalui model pembelajaran langsung dikelas II SDN 27 dungingi Kota Gorontalo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan Model Pembelajaran Langsung dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa menulis teks tegak bersambung dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini nampak pada hasil siklus dengan rincian observasi awal 22,94% pada siklus I meningkat lagi sebesar 41,17% dan pada siklus II 88,23% dari 17 Orang siswa. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa pada materi gambar cetak smelalui metode demosntrasi dikelas II SDN 27 Dungingi Kota Gorontalo. Kata Kunci : Menulis Teks Tegak Bersambung, Pembelajaran Langsung