Meningkatkan Kemampuan Siswa Meringkas Cerita Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di Kelas V SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo

Main Author: MOHAMAD RIZAL MA'ARUF
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Di
V
Sdn
28
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408159/meningkatkan-kemampuan-siswa-meringkas-ceritamelalui-pembelajaran-kooperatif-tipe-stad-di-kelas-v-sdn-28-kotaselatan-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Rizal Maruf, 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Meringkas Cerita Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di Kelas V SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontao, Tahun 2012. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan Apakah kemampuan siswa meringkas cerita akan meningkat dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD ?. Tujuan penelitian ini untuk Meningkatkan Kemampuan Meringkas Cerita Dengan Menggunakan Model Pemblajaran Kooperatif Tipe STAD Di Kelas V SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh hasil penilaian pada siklus I tentang kemampuan meringkas cerita siswa kelas V SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo dalam pembelajaran bahasa Indonesia hanya mencapai 68,33% dari jumlah siswa 23 orang. Sementara pada siklus II mencapai 84,33% dari jumlah siswa 23 orang. Berdasarkan hasil capaian tersebut, kemampuan meringks cerita dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui kooperatif tipe STAD meningkat 15,00%. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo dalam kemampuan meringkas cerita dapat ditingkatkan dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD. Kata Kunci : Meringkas, kooperatif Tipe STAD.