Mirjan Malanua. Nim. 151 408 156. Meningkatkan hasil belajar siswa tentang sumber daya alam melalui pendekatan kontekstual di kelas IV SDN 2 Molopatodu Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo

Main Author: MIRJAN MALANUA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
151
408
Di
Iv
Sdn
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408156/mirjan-malanua-nim-151-408-156-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-tentangsumber-daya-alam-melalui-pendekatan-kontekstual-di-kelas-iv-sdn-2-molopatodu-kecamatan-bongomeme-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Mirjan Malanua. Nim. 151 408 156. Meningkatkan hasil belajar siswa tentang sumber daya alam melalui pendekatan kontekstual di kelas IV SDN 2 Molopatodu Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. SKRIPSI. Jurusan Pendidikn Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Permasalahan dalam penelitian ini Apakah hasil belajar siswa tentang sumber daya alam dapat ditingkatkan melalui pendekatan kontekstual di kelas IV SDN 2 Molopatodu Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo?. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang sumber daya alam di kelas IV SDN 2 Molopatodu Kecamatan Bongomeme kabupaten Gorontalo melalui pendekatan kontekstual. Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Molopatodu Kecamatan Bongomeme kabupaten Gorontalo pada pembelajaran IPA tentang sumber daya alam dari siklus ke siklus. Hal tersebut ditunjukan oleh hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus I Dari 15 orang keseluruhan jumlah siswa, terdapat 6 orang siswa yang yang memperoleh nilai 75 keatas atau sebanyak 40 %. Pada siklus II sudah mengalami peningkatan yakni dari 15 orang keseluruhan jumlah siswa, yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 14 orang atau 93 % Dengan demikian, hal ini sudah memenuhi indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu Untuk hasil belajar siswa minimal 75 % dari seluruh siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 ke atas pada materi sajian dengan daya serap mencapai 75 % Simpulan dari Penelitian ini adalah media lingkungan sangat baik digunakan dalam pembelajaran IPA tentang sumber daya alam di kelas IV. Hal tersebut ditunjukan oleh hasil-hasil yang diperoleh pada siklus I sampai II yang memperlihatkan peningkatan yang cukup baik. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Kontekstual