MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MODEL MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS II SDN NO 28 KOTA SELATAN KOTA GORONTALO
Main Author: | MEGAWATI MOKOAGOW |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408143/meningkatkan-kemampuan-membaca-permulaan-melalui-model-make-a-match-pada-siswa-kelas-ii-sdn-no-28-kota-selatan-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Megawati Mokoagow. 2012. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Model Make A Match pada siswa kelas II SDN No 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Wiwy Triyanty Pulukadang S.Pd M.Pd dan pembimbing II Dra. Hj. Pertiwi Laboro M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yakni: Apakah dengan menggunakan model Make A Match dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca permuaan di kelas II SDN No 28 Kota Selatan Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui model Make A Match pada siswa kelas II SDN No 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Berdasarkan pengertian membaca melalui model Make A Match, maka metode penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu menggambarkan apa adanya dengan teknik analis data secara kualitatif tentang observasi dan wawancara dan analis data secara kuantitatif yakni memberikan ceklis , nilai, dijumlahkan dan dipresentasekan untuk mencari rata-rata. Hasil penelitian tindakan yang dianalisis berdasarkan siklus I dan siklus II telah menjadi peningkatan yakni dari 59,09% meningkat menjadi 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model Make A Match kemampuan siswa membaca permulaan pada siswa kelas II SDN No.28 Kota Selatan Kota Gorontalo meningkat. Kata Kunci: Kemampuan, Membaca Permulaan, Model Make A Match