Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Nyaring Melalui Kata Frasa dan Kalimat Sederhana Di Kelas V SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo
Main Author: | LUSRINA MOKOAGOW |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408131/meningkatkan-kemampuan-siswa-membaca-nyaring-melalui-katafrasa-dan-kalimat-sederhana-di-kelas-v-sdn-83-kota-tengah-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Lusrina Mokoagow. 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Nyaring Melalui Kata Frasa dan Kalimat Sederhana Di Kelas V SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, S.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan kata frasa dan kalimat sederhana dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca nyaring dalam pelajaran bahasa Indonesia kelas V di SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo? Tujuan penelitiannya adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca nyaring melalui kata frasa dan kalimat sederhana di kelas V SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas ( PTK). Langkah dalam penelitian ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Adapun hasil penelitian tindakan kelas pada pembelajaran siklus I belum sesuai dengan indikator kinerja dimana kemampuan siswa pada siklus I menunjukkan bahwa dari 32 orang siswa, Hanya 18 orang siswa yang mampu membaca nyaring atau 56,25%, dan 14 siswa atau 43,75% yang belum mampu membaca nyaring, berdasarkan penelitian ini maka peneliti melanjutkan ke siklus II, dan pembelajaran siklus II meningkat dimana 28 siswa atau 87,5% yang sudah mampu membaca nyaring dan 4 siswa atau 12,5% yang belum mampu membaca nyaring. Dari hasil penelitian tindakan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui kata frasa dan kalimat sederhana dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa di kelas V SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo. Kata Kunci : Membaca Nyaring, Kata Frasa dan Kalimat Sederhana.