Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkungan Hidup Melalui Model Pembelajaran Terpadu Di Kelas III SDN 04 Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo

Main Author: KARSYAWATI KAI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Di
Iii
Sdn
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408123/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materilingkungan-hidup-melalui-model-pembelajaran-terpadu-di-kelas-iii-sdn-04paguyaman-kecamatan-paguyaman-kabupaten-boalemo.html
Daftar Isi:
  • Karsyawati Kai. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkungan Hidup Melalui Model Pembelajaran Terpadu Di Kelas III SDN 04 Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkungan Hidup Dapat Ditingkatkan Melalui Model Pembelajaran Terpadu di Kelas III SDN 04 Paguyaman? maka tujuan yang diharapkan dari penelitian Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkungan Hidup Melalui Model Pembelajaran Terpadu Di Kelas III SDN 04 Paguyaman. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil jika memenuhi indikator kinerja, yaitu: (1) jika dalam pengamatan, hasil belajar seluruh siswa mendapat nilai 7 dan (2) jika daya keberhasilan siswa mencapai minimal 80%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, siklus I dan II dengan fokus penelitian meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lingkungan hidup melalui model pembelajaran terpadu di kelas III, diperoleh hasil belajar dari ke 5 indikator yakni, pada siklus I mencapai 65% setelah pada siklus II mencapai 85%. Dengan keseluruhan hasil belajar diperoleh yang tuntas dalam hasil belajarnya 17 siswa atau 85% dan yang tidak tuntas hasil belajarnya 3 siswa 15%. Berdasarkan hasil pada siklus II ini maka disimpulkan bahwa penelitian ini telah berhasil. Kata Kunci: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkungan Hidup Melalui Model Pembelajaran Terpadu